Headlines News :
Home » » “SOSIALISASI BPJS”

“SOSIALISASI BPJS”

Written By Unknown on Thursday, October 10, 2013 | 9:22 AM



Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 05/Humas/ SP/10/ 2013
Hari/Tanggal   : Rabu, 09 Oktober 2013
Lokasi              : Aula Kantor Dinas Kesehatan Batu Bara


            Kesehatan merupakan hak asasi sekaligus sebagai investasi dan semua warga memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu. Ini sesuai dengan amandemen UUD 1945 Tahun 2002 yang mengamanatkan adanya penyelenggaraan jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia terutama bagi keluarga kurang mampu. Oleh karenanya untuk menindaklanjuti dengan akan dilakukannya transformasi PT. Askes menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan awal 2014, Pemerintah Kabupaten Batubara menyadari bahwa kesehatan menjadi salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan.

         Untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka persiapan pelaksanaan pengelolaan jaminan kesehatan tersebut yang akan mulai diberlakukan pada tanggal 1 Januari 2014 mendatang, Pemkab Batubara mengadakan sosialisasi tentang BPJS Kesehatan di Lima Puluh, rabu (9/10).

             Bupati Batubara H.OK Arya Zulkarnain SH.MM yang secara resmi membuka kegiatan sosialisasi tentang BPJS Kesehatan ini didampingi Kepala dinas kesehtan dr Hj Mastianan Harahap M.Kes, kepala RSUD Batubara Dr H.Muhammad Nizar, direktur PT. Askes Tanjung Balai Rasinta Ria Ginting dan dihadiri para Kepala SKPD, Camat, unsur Forum Pimpinan Kecamatan, para tenaga medis se Batubara. Dalam sambutannya OK Arya mengatakan mengapresiasi langkah pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sosialisasi merupakan poin terpenting untuk kesuksesan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS. Maka itu dihimbau kepada seluruh jajaran kesehatan di Kabupaten Batubara untuk bekerja lebih baik dan profesional sesuai tupoksi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu. Dengan diadakannya acara sosialisasi ini diharpakan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang luas bagi masyarakat mengenai program BPJS ini. Dan dengan program ini akan memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal pada masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu. Hal ini sebagai pemicu bagi Pemkab Batubara yang secara konsisten pro aktif dalam meningkatkan standar pelayanan kesehatan.


      Sementara Direktur PT Askes Tanjung Balai Rasinta Ria Ginting dalam paparannya menjelaskan tentang BPJS adalah badan hukum publik yang dibentuk dari penerapan Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial (SJS) Nomor 24 Tahun 2011 untuk menyelenggarakan program jaminan sosial yang terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, dimana nantinya BPJS akan berperan menggantikan program Jamkesda dan Jamkesmas yang dilakukan secara bertahap, BPJS yang dicanangkan pemerintah pusat tidak hanya diperuntukkan dalam mengurusi jaminan kesehatan untuk masyarakat tetapi lebih dari itu yakni untuk membangun infrastruktur kesehatan masyarakat kedepannya.


 
KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.     
Drs. Abdul Rahman Hadi
PEMBINA
NIP. 19650116 198602 1 003
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Humas Kab. Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger