Headlines News :
Home » » “GUBERNUR SEBAIKNYA DIPILIH OLEH WALI KOTA - BUPATI”

“GUBERNUR SEBAIKNYA DIPILIH OLEH WALI KOTA - BUPATI”

Written By Unknown on Tuesday, January 14, 2014 | 8:56 AM



Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 07/Humas/ SP/01/ 2014
Hari/Tanggal   : Sabtu, 11 Januari 2014
Lokasi              : Manado

Gubernur di tiap provinsi sebaiknya dipilih langsung oleh walikota dan bupati di wilayah provinsi bersangkutan.

Pandangan itu terungkap langsung dari Bupati Batubara Sumatera Utara H OK Arya Zulkarnain, SH.MM disela rapat koordinasi Nasional Asosiasi pemerintah kota seluruh indonesia (Apkasi) dan Asosiasi pemerintah kota seluruh indonesia (Apeksi) II di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Sabtu (11/1).

Menurut dia, usulan itu untuk efisiensi biaya pemilihan umum dan meminimkan konflik yang mungkin tercipta. Usulan itu ikut disisipkan dalam tanggapan kepala daerah bupati dan walikota se-Indonesia terhadap RUU Pilkada yang tengah digodok DPR RI ini. Poin penting dalam usulan ini adalah bagaimana pemilihan umum kepala daerah di Indonesia bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Secara bersama Bupati dan Wali kota yang hadir dalam Rakornas Apkasi dan Apeksi II ini menegaskan menolak jika pemilihan kepala daerah di pilih oleh DPRD, dan tetap mendukung pemilihan langsung oleh rakyat. Walikota dan Bupati dipilih langsung oleh rakyat. Di tingkat selanjutnya, untuk pemilihan Gubernur, Walikota dan Bupatilah yang memilih langsung, dengan demikian akan mengurangi biaya pemilu.

Usulan yang sama di nilai Zulkarnain bisa di terapkan untuk pemilihan anggota dewan. Rakyat memilih langsung anggota DPRD kabupaten Kota, anggota DPRD kabupaten kota memilih anggota DPRD Provinsi. Demikian pula tingkatan lebih atas, anggota DPRD Provinsi se Indonesia Bisa memilih anggota DPR RI. Dengan demikian biaya pemilu bisa diminimkan. Usulan ini dipastikan telah dimasukan sebagai bahan pertimbangan untuk DPR RI merampung kan RUU pilkada yang hingga saat ini masih di godok.

Rakornas Apkasi – Apeksi tersebut di hadiri ratusan Kepala Daerah se Indonesia. Rakornas mengangkat tema “POTENSI PERMASALAHAN HUKUM YANG DI HADAPI KEPALA DAERAH SERTA PENCEGAHANNYA” dan “ PERNYATAAN SIKAP TERHADAP RUU PILKADA. Tampak hadir Ketua DPR RI Marzuki Ali, Ketua Apeksi GS Vicky Lumentut sekaligus Walikota Manado, Dewan Penasehat Apkasi Siti Nurbaya Bakar, dan para pembicara.

Ketua Apkasi Irsan Noor menuturkan, rakornas tersebut bukan semata mata kegiatan tanpa makna. Kegiatan itu merupakan wadah untuk menganalisa masalah apa saja yang membuat sejumlah kepala daerah tersandung masalah hukum belakangan ini. “ Melalui kegiatan ini kami ingin kembali memperbaiki harga diri dan citra diri banyak kepala daerah yang belakangan ini banyak tersandung masalah hukum”.
            



KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.                        
Andri Rahadian,AP
PEMBINA
NIP. 19740805 199311 1 001



           

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Humas Kab. Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger